GuidePedia

0

Sering mengalami perasaan cemas? Sebenarnya ini adalah hal yang wajar karena setiap orang akan mengalami masalah cemas. Perasaan cemas ini akan terjadi jika seseorang memiliki perasaan takut dan hal ini biasanya seseorang sedang dilanda galau, perasaan khawatir yang terkadang diluar kontrol kita menjadi penyebab yang sebenarnya tanpa kita sadari.

Dari hasil riset ilmuwan psikologi menjelaskan bahwa perasaan cemas ini merupakan salah satu perasaan yang akan mengganggu kesehatan mental seseorang. Masalah ini akan menjadi serius jika tidak cepat diobati maupun cepat dicegah secara baik, karena orang-orang yang cenderung mengalami kecemasan akan lebih mudah depresi sehingga beresiko mengalami gangguan mental.

Sebenarnya untuk mengatami rasa cemas bukanlah hal yang sulit. Saat Anda merasa cemas, satu hal yang perlu dilakukan adalah tenangkan diri Anda agar tidak khawatir. Untuk mencegah perasaan itu datang Anda bisa melakukan beberapa hal agar perasaan cemas itu tidak menghantui Anda.

Cari Tahu masalah Apa yang Anda Hadapi

Sebenarnya hal paling umum mengalami masalah cemas adalah perasaan tidak menentu. Yang perlu Anda lakukan adalah cari tahu masalah apa yang sedang terjadi pada diri Anda, jika sudah ketemu masalahnya Anda hanya perlu bersabar dan coba pikirkan bagaimana cara untuk mengatasi masalah tersebut.

Mencari Jawaban pada Diri Sendiri

Mencari tahu masalah pada diri Anda sebenarnya bukanlah hal yang sulit, Anda hanya perlu pikirkan apakah Anda sedang mengalami lapar atau kesepian dan lelah? Jika Anda sudah mendapat jawaban maka Anda bisa mengatasinya dengan mudah dan selanjutnya apa yang harus Anda lakukan agar perasaan cemas tersebut hilang dipikiran Anda.

Tarik Nafas Dalam-Dalam

Salah satu cara terbaik adalah dengan tarik nafas dalam-dalam sebanyak 10 kali. Hal ini juga diungkapkan oleh para ilmuwan psikologi jika mengambil nafas dalam-dalam akan dapat membantu kita lebih tenang dan bahagia. Maka itu tidak heran jika ambil nafas dalam-dalam selalu ada di dalam olahraga yoga.

Konsumsi Air Putih

Meskipun kedengaran tidak ada hubungan dengan air, tapi menurut hasil riset para ilmuwan psikologi menjelaskan saat seseorang mulai merasa cemas dan khawatir, usahakan untuk mencoba minum air dengan pelan-pelan. Itu dikarenakan sangat baik minum air putih, minum adalah merupakan cara terbaik yang bisa meredam perasaan cemas.

Spa Atau Perawatan Tubuh Lainnya

Melakukan Spa atau perawatan tubuh juga sangat efektif untuk mengatasi perasaan cemas. Meski cara ini harus mengeluarkan tips tambahan mengingat harus pergi ke klinik maupun salon kecantikan. Namun, jika Anda tidak suka pergi ke klinik atau salon kecantikan Anda bisa melakukannya dirumah, selain melakukan perawatan tubuh, Anda juga bisa lakukan pijat reflesi.

Kumpul Bersama Keluarga

Menghabiskan waktu bersama keluarga adalah cara terbaik untuk mengatasi perasaan cemas. Itu karena saat berkumpul bersama keluarga maka perasaan diri Anda akan lebih tenang dibanding Anda sendirian.

Jika saja hal itu tidak bisa Anda lakukan karena Anda sedang merantau, sebaiknya Anda bisa berkumpul bersama teman dan ngobrol ringan dengan teman Anda, maka perasaan cemas itu akan pelan-pelan hilang.

Mencari Suasana yang Nyaman

Perasaan cemas itu biasa datang karena beberapa faktor, seperti lingkungan atau tempat tinggal. Ada baiknya Anda mencoba jalan-jalan atau sekedar duduk-duduk dan inspirasikan diri di taman terdekat.

Taman adalah salah satu tempat paling bagus untuk menghilangkan perasaan cemas, selain indah Anda juga bisa melihat bunga atau tanaman lain agar perasaan cemas itu hilang dan merasakan kenyamanannya.

Mudah bukan untuk mengatasi masalah perasaan cemas? Meski sederhana namun sangat efektif untuk mengatasi perasaan cemas lho. Saat Anda dalam kondisi cemas ada baiknya usahakan tidak untuk mencoba minum-minuman alkohol atau konsumsi narkoba, karena itu akan membuat Anda semakin depresi.

Post a Comment

 
Top