GuidePedia

0

Bagi pekerja online atau sering menghabiskan waktu di komputer tentu ada dampak terhadap tubuh, selain pegal-pegal tentu juga bisa membuat tubuh nyeri. Selain itu, kesehatan seseorang akan mengalami keturunan karena kurang bergerak, sakit kepala dan sakit mata juga menjadi salah satu yang akan dihadapinya. Untuk menghindari masalah tersebut Anda bisa mengikuti 5 tips sederhana ini.

Dalam Satu Jam Istirahat 5 Menit

Mata adalah resiko pertama yang akan dihadapi oleh Anda, mata akan terasa lelah, kering atau sakit jika Anda tanpa berhenti menatap monitor atau komputer sampai berjam-jam. Maka untuk itu dalam satu jam usahakan istirahatkan mata Anda 5 menit, Anda bisa pejamkan maka Anda dalam jera waktu 5 menit.

Peregangan Tubuh

Agar tubuh tidak kaku, maka usahakan dalam satu jam berdiri atau gerakan peregangan tubuh, ini dilakukan agar tubuh Anda bisa memperlancar aliran darah dalam tubuh. Cara ini tentu sangat efektif agar dapat menjaga kesehatan tubuh Anda secara bertahap.

Minum Air Putih

Agar tubuh tetap bugar saat duduk berjam-jam di depan komputer, ada baiknya Anda konsumsi air putih banyak-banyak. Air sangat penting untuk menjaga kesehatan hati dan memastikan tubuh bisa mengeluarkan racun-racun berbahaya. Minimal konsumsi 8-10 gelas air per hari sesibuk apapun bekerja di depan monitor.

Konsumsi Camilan Sehat

Jika sudah sering bermain komputer, pasti satu kebiasaan ini jarang dihindari, ia tidak lain adalah camilan. Duduk dan bekerja di depan komputer pasti membuat mulut terasa gatal dan ingin mengunyah sesuatu.

Yang menjadi masalah adalah bisa-bisa berat badan naik akibat suka ngemil makanan saat duduk. Untuk menyiasatinya, konsumsi camilan sehat seperti buah dan sayur segar. Hindari terlalu banyak makan makanan berminyak atau mengandung gula. Selain itu, usahakan kalau makan di meja makan jangan di meja kerja agar nafsu makanmu tetap terjaga.

Istirahatkan Tubuh Total Usai Bekerja

Setelah selesai bekerja dan kembali ke rumah, ambil waktu minimal 15 menit untuk berbaring dan menutup mata. Istirahatkan tubuh secara total dan tenangkan pikiran. Bekerja di depan komputer berjam-jam bisa membuat tubuh mudah lelah. Jadi usahakan untuk meluangkan waktu berisitirahat total dan menjauhi komputer selama beberapa menit setiap harinya, ya.

Sekarang, yang perlu Anda lakukan adalah mempraktekan tips-tips di atas. Jadikan bagian tersebut sebagai rutinitas dan kebiasaan hari-hari Anda. Kerja keras tentu sangat dianjurkan. Tapi jangan sampai mengabaikan kesehatan tubuh dan pikiran Anda.

Post a Comment

 
Top