GuidePedia

0

Penyakit Misophonia adalah sebuah penyakit yang merasa jengkel jika seseorang mengunyah dan bersuara. Tentu saja setiap orang mempunyai gaya berbeda saat makan, ada orang yang suka makan sambil berbicara, ada juga yang suka makan sambil nonton dan tentu saja ada orang makan sambil mengeluarkan suara.

Meski itu sudah jadi kebiasaan orang tersebut, tapi ada yang merasa jengkel dengan gaya makan mereka, jika Anda adalah salah satu yang tidak suka dengan mereka yang makan sambil mengeluarkan suara maka Anda ada kemungkinan menderita Misophonia.

Menurut para ahli di tahun 2013, jika seseorang benci sekali mendengar suara orang mengunyah makanan dengan keras, bisa saja orang tersebut menderita misophonia. Misophonia biasa diartikan sebagai benci terharap suara.

Sebenarnya yang menderita misophonia bukan berarti mereka benci semua suara, hanya suara tertentu saja seperti mengunyah makanan dan bisa menimbulkan rasa cemas padanya, perasaan tidak nyaman. Selain suara mengunyah makanan, ada pula yang benci mendengar suara klik mouse, pena hingga tepuk tangan.

Menurut dasar pengamatan, mereka yang menderita misophonia sebenarnya juga mengalami penyakit tinnitus. Yang menjadi pertanyaan adalah apakah ini sejenis menyakit gangguan psikologis sendiri seperti OCD atau semacamnya. Karena jika mengalami kebencian secara berulang-ulang, orang dengan misophonia bisa mengembangkan depresi akut.

Tentu saja ini bisa disamakan dengan gangguan psikologis. Untuk mengatasi penyakit misophonia Anda bisa mencoba jalani terapi atau tes dalam perawatan yang dianjurkan dokter. Menirukan suara yang mengganggu justru bisa mendorong penderita bisa menghadapi ketakutannya sehingga gangguan ini bisa dihilangkan.

Post a Comment

 
Top