GuidePedia

0

Hidup sehat dan panjang umur adalah impian setiap orang, meski kedengaran seperti cerita dongeng, namun tentu ada tipsnya. Banyak orang melakukan diet untuk menjaga kebugaran tubuh agar tetap sehat, tetapi ada cara lebih mudah untuk tetap panjang umur, caranya adalah hidup bahagia.

Perlu Anda ketahui sebenarnya tubuh dan pikiran berhubung sangat erat untuk kelangsungan hidup dan tentu ada hubungannya dengan kesehatan. Pikiran memiliki otak dan sistem kekebalan dan terinteraksi sehingga terbentuk reaksi bersamaan.

Dalam riset yang dilakukan oleh psychoneuroimmunology (PNI) menunjukkan bahwa perasaan dan emosi seperti kemarahan, stress hingga ketakutan akan mengirim sebuah sinyal ke kelenjar master di dalam tubuh kita untuk memfungsikan hormon-hormon tertentu, seperti kortisol, adrenalin dan epinefrin. Hormon tersebut memberitahu Anda agar Anda keluar dari situasi penyebab timbulnya rasa tersebut.

Ketika Anda tidak menghilaukan sinyal dari tubuh tersebut, maka akan berakibat sistem imun tubuh melemah sehingga membuat bakteri dan virus menginfeksi tubuh, akhirnya membuat Anda mudah sakit dan mudah diserang penyakit.

Obat satu-satunya adalah rasa bahagia, ketika Anda tersenyum, tertawa atau merasa lega dan bahagia, tubuh akan mengirim sinyal ke kelenjar master untuk memproduksi serotonin, dopamin, oksitosin dan relaksin yang secara alami akan menguatkan sistem imun tubuh.

Bahkan ketika Anda terkena kanker, rasa bahagia akan mempercepat penyembuhan, menghambat penyebaran kanker atau membuat tubuh lebih kuat dalam melawan kanker. Kesimpulannya, mengelola emosi adalah cara cerdas yang bisa Anda lakukan untuk jadi orang yang sehat serta panjang umur.

Post a Comment

 
Top