GuidePedia

0
Anda dan saya tentu sangat suka makan buah mangga, benar tidak ? Akan tetapi kebanyakan dari kita tidak suka mengkonsumsi daun mangga, benar tidak ? Padahal manfaatnya sangat besar bagi tubuh manusia, kami akan ulas 6 khasiat daun mangga untuk kesehatan yang harus kamu tahu supaya tidak mengganggap remeh obat herbal ini.

Di saat orang tidak meragukan daging buah mangga itu memiliki banyak khasiat untuk kesehatan, namun di saat bersamaan berapa banyak orang yang masih ragu atau belum tahu betapa besarnya khasiat daun mangga sebagai obat tradisional sehingga dibuang dan dibakar bersama dengan sampah.

Manfaat dan Khasiat Daun Mangga Untuk Kesehatan

Anda bisa melihat daun mangga yang muda atau baru tumbuh di cabang berwarna kemerahan atau keunguan yang terasa lembut saat dipegang, namun ketika sudah tua daun mangga akan berwarna warna hijau gelap (pekat) dan warna hijau pucat pada bagian bawah serta bertekstur keras.


Daun mangga setelah diteliti ilmuan ternyata kaya akan kandungan beberapa vitamin yang penting bagi tubuh yaitu vitamin C, vitamin B dan vitamin A. Daun buah mangga juga mengandung nutrisi lainnya yang bermanfaat tentunya. Khasiat daun mangga bagi kesehatan juga terdapat pada sifat antioksidan kuat dikarenakan didalamnya terkandung flavonoid dan fenol yang tinggi.

Oke, kita akan ulas lengkap khasiat yang terkandung dalam daun mangga dan ketika Anda mengkonsumsinya secara rutin maka katakan salam perpisahan kepada beberapa jenis penyakit !

1. Daun Mangga Untuk Obat Diabetes
Daun mangga kaya akan zat tanin yang disebut anthocyanidins, anthocyanidins dapat menyembuhak gejala diabetes ringan. Daun mangga yang dikeringkan dibuat ramuan untuk dikonsumsi penderita diabetes terutama jenis diabetes angiopati dan diabetes retinopati.
Cara membuat ramuan obat daun mangga ialah dengan merendam beberapa daun mangga di dalam secangkir air dalam waktu 12 jam atau semalam, kemudian saring untuk diminum untuk menyembuhkan gejala diabetes awal.

2. Daun Mangga Sebagai Penurun Tekanan Darah
Khasiat daun mangga untuk kesehatan terdapat pada sifat hipotensinya yang bakal menurunkan tekanan darah. Sifat hipotensi ini juga dapat memperkuat pembuluh darah sekaligus dapat mengatasi masalah varises.

3. Daun Mangga Obat Gelisah
Bagi Anda yang merasa gelisah dan cemas yang berlebih maka manfaat daun mangga adalah obat herbal yang baik untuk mengatasinya. Caranya dengan mencapurkan seduhan daun mangga 2-3 gelas ke dalam bak air mandi, dan mandilah dengan air mangga ini untuk mengobati kegelisahan sekaligus dapat memberikan kesegaran tubuh.

4. Daun Mangga Menyembuhkan Batu Ginjal
Manfaat daun mangga bagi kesehatan adalah dapat membantu mengobati masalah ginjal. Caranya ialah dengan menumbuk daun mangga menjadi kemudian pada tempat teduh (tidak terkena sinar matahari langsung). Campurkan bubuk daun mangga itu dengan segelas dan dibiarkan semalam kemudian minum secara rutin setiap hari.

5. Daun Mangga Mengatasi Masalah Pernapasan
Daun mangga dipercaya dapat mengobati beberapa jenis penyakit pernapasan, terutama untuk penyakit bronkitis dan asma. Ramuan dibuat dengan merebus daun mangga dalam 2 gelas air, kemudian setelah dingin campur obat tradisiona daun mangga ini dengan 1 sendok madu.

6. Daun Mangga Menyembuhkan Luka bakar
Khasiat daun mangga untuk menyembuhkan luka bakar pada kulit jarang diketahui oleh masyarakat, caranya dengan membakar segenggam daun mangga sampai menjadi abu kemudian taburkan merata abu mangga ini kepada kulit yang terkena luka bakar.

Apakah pengetahuan Anda bertambah tentang Khasiat Daun Mangga Untuk Kesehatan? Apabila Anda punya pengalaman atau pengetahuan daun mangga sebagai obat, tolong berbagi dengan kami dengan mengisi komentar di bawah !


Post a Comment

 
Top